LATIHAN SKRINING (PENAPISAN)

on Minggu, 05 Oktober 2014

  1. Jelaskan yang anda pahami dari skirining dalam Epidemiologi ?
  2. Kenapa kita melakukan skrining/penapisan ?
  3. Berikan contoh pelaksanaan tes Skrining/penapisan pada Badan Kesehatan Dunia, tuliskan sumber website sumber contohnya (www.who.int) ?
  4. Jelaskan perbedaan sensitivitas dan spesifisitas ?
  5. Jelaskan yang dimaksud dengan sensitivitas dan spesifisitas rendah?
  6. Jelaskan perbedaan nila prediksi positif true positive value dan nilai prediksi negative- true negative value?
  7. Lakukan perhitungan untuk soal dibawah ini, hitunglah sensitivitas, spesifisitas, nilai prediktif positif dan nilai prediktif negative, dan interpretasikan ?
  8. Sebuah Tes Skrining/penapisan dengan mamografi untuk mendeteksi kanker payudara di Provinsi X sedang dievaluasi keefektifan dan sensitivitasnya. Mamografi tersebut dilakukan pada 880 WUS. Dan didapatkan fakta bahwa dua ratus orang yang didiagnosis terkena penyakit kanker payudara, hasil ujinya Positif. Sedangkan dua puluh orang yang terkena kanker payudara, menunjukkan hasil uji yang Negatif. Dan terdapat 30 orang yang tidak terkena penyakit kanker payudara, hasil mamografinya Positif. Berdasarkan Informasi tersebut, maka : a. Identifikasikan jumlah WUS yang masuk dalam kategori : Positif Benar/True Positive ; Positif Palsu-False Positive; Negatif PalsuFalse Negative dan Negatif Benar True Negative? Gambarkan tabelnya b. Hitunglah presentase Sensitivitasnya? c. Tentukan berapa Spesivisitasnya? d. Berapakah nilai prediktif positifnya? e. Berapakah nilai prediktif negatifnya? f. Berikan satu contoh perhitungan sensitivitas dan spesifisitas pada data kesehatan?
  9. Dilakukan Tes Criatinine Kinase untuk Membantu Diagnosis Infark Otot Jantung pada Rumah Sakit X, hasil diperoleh sebagai berikut. Hitunglah sensitivitas dan spesifisitas dari skrining/penapisan Infark otot jantung? Berapa jumlah positif benar dan negative benar pada skrining/penapisan ini?
  10. Jelaskan prinsip-prinsip yang harus dipertimbangkan sebelum melaksanakan skrining/penapisan ?

0 komentar:

Posting Komentar